Thursday 14 August 2014

Berwudlu Itu Menyehatkan, Ini Alasannya

berwudlu itu menyehatkan
 “Hai sekalian orang yang beriman! Jikalau engkau semua berdiri hendak bersembahyang, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai ke siku dan sapulah kepala dan basuhlah kakimu sampai ke matakaki … Allah tidak menghendaki untuk membuat kesempitan (kesukaran) atasmu semua, tetapi hendak menyucikan engkau semua dan menyempurnakan karunianya kepadamu semua, supaya engkau semua bersyukur.” (QS. al-Maidah: 6)
Allah menyuruh manusia untuk menjalankan kebersihan, bahkan memerintahkan umat muslim untuk berwudhu atau membersihkan diri dari segala kotoran serta najis.
Hal yang sering dilakukan setiap hari dalam memulai segala aktivitas dalam hidup, ataupun melakukan wudhu terlebih dahulu sebelum melaksanakan shalat lima waktu. Karena, tidak sah shalat seseorang sebelum ia berwudhu, sesuai dengan hadits berikut:
“Allah tidak akan menerima shalat seseorang di antara kamu, hingga dia berwudhu .” (HR. Bukhari Muslim).
Sedangkan Dunia ilmu kedokteran telah membuktikan khasiat wudhu. Di balik ibadah yang sederhana, murah, dan mudah, bahkan terkadang dianggap sepele, ternyata terkandung hikmah yang sangat luar biasa. Wudhu menyimpan berbagai kemukjizatan yang mengagumkan. Bahkan, berapa banyak orang yang masuk Islam, karena Islam mengajarkan kebersihan dari ibadah yang bernama wudhu.
Tak salah bila Allah mewajibkan syariat wudhu ini sejak 14 abad silam kepada umat Islam. Di dalamnya terkandung hikmah dan manfaat yang sangat besar. Bahkan, bila seseorang melaksanakan dan mengerjakan wudhu dengan baik dan benar, niscaya tubuhnya akan senantiasa sehat dan terhindar dari berbagai serangan penyakit.

berwudlu menurut sains
Wudhu ternyata mempunyai manfaatnya sangat besar. Itulah yang dibuktikan oleh para ahli kesehatan dunia. Salah satunya adalah Prof Leopold Werner von Ehrenfels, seorang psikiater sekaligus neurolog berkebangsaan Austria. Ia menemukan sesuatu yang menakjubkan dalam wudhu karena mampu merangsang pusat syaraf dalam tubuh manusia. Karena keselarasan air dengan wudhu dan titik-titik syaraf, kondisi tubuh senantiasa akan sehat. Dari sinilah ia akhirnya memeluk Islam dan mengganti namanya menjadi Baron Omar Rolf Ehrenfels.
Ternyata wudhu juga bisa memberikan hidayah kepada seseorang untuk memeluk Islam. Selain itu, wudhu juga bisa meredamkan marah yang berpijar dalam dada. Air yang mengalir di tiap butiran air wudhu, insya allah akan menyejukkan hati dan menghilangkan amarah.
Peneliti dari Universitas Alexsandria ,dr musthafa syahatah ,yang sekaligus menjabat sebagai Dekan Fakultas THT,juga menyebutkan bahwa jumlah kuman pada orang yang berwudhu lebih sedikit dibanding orang yang tidak berwudhu
Menurut sejumlah penelitian, berwudhu dapat menghilangkan berbagai macam penyakit, misalnya flu, pilek, asam urat, rematik, sakit kepala, telinga, pegal, linu, mata, sakit gigi, dan sebagainya. Dengan berwudhu juga bisa mencegah kanker kulit, karena air mengalir yang membasahi kulit bisa membersihkan kulit dari bahan-bahan kimia yang menempel dan terserap oleh kulit. Satu lagi manfaatnya, jika sering membasuhkan air ke wajah, bisa menyebabkan seseorang terlihat awet muda dan tidak kusam.
Rasulullah SAW menyatakan, wajah orang yang berwudhu itu akan senantiasa bercahaya. Rasulullah akan mengenalinya nanti pada hari kiamat karena bekas wudhu, “Umatku nanti kelak pada hari kiamat bercahaya muka dan kakinya karena bekas wudhu.”
Betapa besar manfaat dari wudhu yang sering dianggap hanya ‘sepele’ justru menyimpan manfaat yang begitu besar, tak hanya bercahaya di dunia, wajah orang yang sering dibasuh dengan air wudhu kelak diakherat akan bercahaya.
Perintah berwudhu dapat dirasionalkan dalam pemikiran. Setelah diamati ternyata bagian-bagian dari tubuh yang dibasuh dengan air wudhu merupakan bagian dari tubuh yang sering digunakan, entah digunakan untuk berbuat kebaikan ataupun sebaliknya, mungkin juga untuk berbuat dosa.
Ulama fikih juga menjelaskan hikmah wudhu sebagai bagian dari upaya untuk memelihara kebersihan fisik dan rohani. Daerah yang dibasuh dengan air wudhu seperti tangan, daerah muka termasuk mulut dan kaki, memang paling banyak bersentuhan dengan benda-benda asing, termasuk kotoran. Oleh karena itu, wajar kalau daerah itu yang harus dibasuh, sebab penyakit kulit umumnya sering menyerang permukaan kulit yang terbuka dan jarang dibersihkan seperti di sela-sela jari tangan, kaki, leher, belakang telinga, dan lainnya.
manfaat berwudlu sebelum tidurDengan ber-istisnaq (menghirup air dalam hidung) misalnya kita dapat mencegah timbulnya penyakit dalam hidung. Dengan mencuci kedua tangan ,kita dapat menjaga kebersihan tangan. Kita juga bisa menjaga kebersihan kulit wajah bila kita rajin berwudhu. Selain itu,kita juga bisa menjaga kebersihan daun telinga dan telapak kaki kita, artinya dengan sering berwudhu kita dapat menjaga kesehatan tubuh kita.
Manfaat Wudhu Sebelum Tidur
·         merilekskan otot-otot sebelum beristirahat
Mungkin tidak terlalu banyak penjelasan. Bisa dibuktikan dalam ilmu kedokteran bahwa percikan air yang dikarenakan umat muslim melakukan wudhu itu merupakan suatu metode atau cara mengendorkan otot-otot yang kaku karna lelahnya dalam beraktifitas. Sangat diambil dampak positifnya bahwa jika seseorang itu telah melakukan wudhu, maka pikiran kita akan terasa rileks. Badan tidak akan terasa capek.
·         Mencerahkan kulit wajah
Wudhu dapat mencerahkan kulit wajah karena kinerja wudhu ini menghilangkan noda yang membandel dalam kulit. Kotoran-kotoran yang menempel pada kulit wajah kita akan senantiasa hilang dan tentunya wajah kita menjadi cerah dan bersih.
·         Didoakan malaikat
Dalam sabda Beliau yang disinggung pada bagian atas, malaikat akan senantiasa memberikan do’a perlindungan kepada umat muslim yang senantiasa wudhu sebelum tidur. Padahal malaikat adalah makhluk yang senantiasa berdzikir kepada Allah. niscaya do’anya akan senantiasa dikabulkan pula oleh Allah. Oleh karena itu, senantiasa berwudhu itu adalah hal yang wajib kita lakukan.

·         Pereda Rasa Marah
Rasulullah bersabda : “Apabila diantara kalian sedang marah, maka berwudhulah”.
·         Mencegah masuknya Bibit-bibit Penyakit
Kulit adalah organ tubuh manusia yang paling besar yang dapat melindungi tubuh dari kuman.
·         Mencegah Penyakit Flu
Karena pada saat berwudhu kita melakukan Isytinsyaq (menghirup air ke dalam hidung).
·         Mencegah Berbagai Macam Penyakit Mulut
Yaitu dengan berkumur-kumur.
·         Menjaga Kesehatan Kulit
Ada 65 titik-titik pada tubuh yang apabila terkena air, terutama pada saat berwudhu, maka akan menjaga kesehatan kulit.
·         Meremajakan Kulit
Anggota tubuh yang terkena air wudhu merupakan titik-titik peremajaan tubuh yang dapat menyehatkan kulit & meremajakan kulit. Ketika berwudhu tubuh akan menerima rangsangan positif dari efek wudhu tersebut
Menurut sejumlah penelitian, berwudhu memang dapat menghilangkan berbagai macam penyakit, misalnya penyakit kanker, flu, pilek, asam urat, rematik, sakit kepala, telinga, pegal, linu, mata, sakit gigi, dan sebagainya.
Mokhtar Salem dalam bukunya Prayers a Sport for the Body and Soul menjelaskan, wudhu bisa mencegah kanker kulit. Jenis kanker ini lebih banyak disebabkan oleh bahan-bahan kimia yang setiap hari menempel dan terserap oleh kulit. Kemudian, apabila dibersihkan dengan air (terutama saat wudhu), bahan kimia itu akan larut. Selain itu jelasnya, wudhu juga menyebabkan seseorang menjadi tampak lebih muda.

Beberapa Riwayat yang Berkaitan Tentang Wudlu
hadits berwudlu , riwayat tentang wudluRasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa tidur dimalam hari dalam keadaan suci (berwudhu’) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap ‘Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, kerana ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci’”. (HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r.a.)
Dari Abu Hurairah Ra., ia berkata: “Saya mendengar Rasulullah Saw. bersabda: “Sesungguhnya ummatku itu akan dipanggil pada hari kiamat dalam keadaan bercahaya wajahnya dan amat putih bersih tubuhnya dari sebab bekas-bekasnya berwudhu’. Maka dari itu, barangsiapa yang dapat di antara engkau semua hendak memperpanjang (menambahkan) bercahayanya, maka baiklah ia melakukannya dengan menyempurnakan berwudhu’ itu sesempurna mungkin.” (Muttafaq ‘alaih).
Wudhu memiliki keajaiban yang luar biasa. Pahala bagi orang yang mendawamkan salah satu ibadah bersuci ini digambarkan dalam hadis berikut. Dari Abu Hurairah Ra., ia berkata: “Saya mendengar kekasihku Rasulullah Saw. bersabda: “Perhiasan-perhiasan di syurga itu sampai dari tubuh seseorang mu’min, sesuai dengan anggota yang dicapai oleh wudhu yakni sampai di mana air itu menyentuh tubuhnya, sampai di situ pula perhiasan yang akan diperolehnya di syurga.” (HR. Muslim).
Wudhu dapat merontokkan kesalahan-kesalahan seorang muslim. Dari Usman bin Affan Ra., dia berkata: “Rasulullah Saw. bersabda: ‘barangsiapa yang berwudhu lalu memperbagus wudhunya (menyempurnakan sesempurna mungkin), maka keluarlah kesalahan-kesalahannya sehingga keluarnya itu sampai dari bawah kuku-kukunya.’” (HR. Muslim).
Dalam hadis lain dikatakan, dari Abu Hurairah Ra. bahwasanya Rasulullah Saw. bersabda: “Apabila seseorang hamba yang Muslim atau mu’min itu berwudhu, lalu ia membasuh mukanya, maka keluarlah dari mukanya itu semua kesalahan yang disebabkan ia melihat padanya dengan kedua matanya dan keluarnya ialah beserta air atau beserta tetesan air yang terakhir. Jika ia membasuh kedua tangannya, maka keluarlah dari kedua tangannya itu semua kesalahan yang dilakukan oleh kedua tangannya beserta air atau beserta tetesan air yang terakhir. Selanjutnya apabila ia membasuh kedua kakinya, maka keluarlah semua kesalahan yang dijalankan oleh kedua kakinya beserta air atau beserta tetesan air yang terakhir, sehingga akhirnya keluarlah ia dalam keadaan suci dari semua dosa.” (HR. Muslim).
Dalam sebuah redaksi hadis yang panjang, beliau bersabda: “… Sesungguhnya ummatku yang akan datang itu ialah dalam keadaan bercahaya wajahnya serta putih bersih tubuhnya dari sebab berwudhu dan saya adalah yang terlebih dulu dari mereka itu untuk datang ke telaga (haudh).” (HR. Muslim)
Dari Abu Hurairah Ra. bahwasanya Rasulullah Saw. bersabda: “Sukakah engkau semua kalau saya tunjukkan akan sesuatu amalan yang dapat melebur semua kesalahan dan dengannya dapat pula menaikkan beberapa derajat?” Para sahabat menjawab: “Baiklah, ya Rasulullah.” Beliau Saw. lalu bersabda: “Yaitu menyempurnakan wudhu sekalipun menemui beberapa hal yang tidak disenangi (seperti terlampau dingin dan sebagainya) banyaknya melangkahkan kaki untuk ke masjid dan menantikan shalat sesudah melakukan shalat. Itulah yang disebut ribath. Itulah yang disebut ribath (perjuangan menahan nafsu untuk memperbanyak ketaatan pada Tuhan).” (HR. Muslim)
“Bersuci atau wudhu adalah separuh iman. Alhamdulillah akan memenuhi mizan (timbangan). Subhanallah Walhamdulillah akan memenuhi antara langit dan bumi. Sholat adalah cahaya. Shodaqoh adalah. Kesabaran adalah sinar. Al-Furqon adalah hujjah (pembela) bagimu atau hujjah atasmu. Setiap orang keluar di waktu pagi, maka ada yang menjual dirinya, lalu membebaskannya atau membinasakannya”. (HR.MUSLIM dalam Ath-Thoharoh, bab : Fadhl Ath-Thoharoh 533)

Rasulullah bersabda : “Perhiasan (cahaya) seorang mukmin akan mencapai tempat yang dicapai oleh wudhunya”. (HR.MUSLIM dalam Ath-Thoharoh, bab : Thablugh Al-Hilyahhaits Yablugh al-Wudhu 585)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :“Setan membuat 3 ikatan pada tengkuk seorang diantara kalian, jika ia tidur, syaitan akan memukul setiap ikatan itu (seraya membisikkan) ‘bagimu malam yang panjang, maka tidurlah’, jika ia terbangun seraya menyebut nama Allah (berdzikir), maka terlepaslah sebuah ikatan. Jika ia berwudhu, maka sebuah ikatan yang lain terlepas. Jika ia sholat, maka terlepaslah semua ikatan. Lantaran itu ia akan menjadi bersemangat lagi baik jiwanya. Jika tidak demikian, maka ia akan jelek jiwanya lagi malas”. (HR.AL-BUKHORI 1142 &326, & MUSLIM 1816).





0 comments:

Post a Comment

Baca Juga